Project Description

❓ Tanya Jawab Cinta Sehat 🩺 – CARA MENGECILKAN PERUT BINCIT

PERTANYAAN:

Bismillah, Bagaimana cara mengecilkan perut buncit? Terimakasih dokter

JAWABAN:

Perut buncit atau perut gendut merupakan salah satu jenis perut yang dimiliki oleh sebagian besar manusia, baik laki-laki maupun perempuan. Mulai dari bayi hingga usia lanjut, perut buncit dapat kita dapati.
Tidak semua perut buncit pada seseorang menjadi sesuatu yang berbahaya dari sisi kesehatan terutama ketika status gizi atau indeks massa tubuhnya tidak berlebihan dari nilai normal.

Jadi, perut buncit perlu disikapi dengan bijak, tanpa khawatir atau meremehkan secara berlebihan.
Perut bisa kita ibaratkan sebagai kantong karet berlapis yang memiliki isi. Lapisan dari luar ke dalam diantaranya kulit, lemak, otot, dan pembungkus/pengikat organ dalam perut lalu organ dalam perut (usus, lambung, kandung kemih, rahim pada perempuan) sebagai isi dari kantong karet.

Semua lapisan dan isi tersebut dapat menyebabkan perut terlihat buncit namun yang memiliki porsi terbesar adalah lemak dan usus. Lemak dapat bertambah banyak akibat dari berlebihnya asupan makanan terutama makanan berlemak/berminyak dan sedikitnya aktivitas sehingga perut terlihat buncit.
Usus pun dapat mengembang jika diisi makanan dan minuman serta gas dari hasil reaksi makanan/minuman di dalam usus. Ibarat pipa dari plastik tipis yang mengkerut jika tidak terisi air dan akan mengembang jika terisi air. Begitu juga kandung kemih yang terisi hampir penuh air kencing sebelum dikeluarkan. Dan rahim pada perempuan yang terisi oleh janin, air ketuban, dan plasenta. Maka hal ini akan menyebabkan perut seseorang yang mengalaminya menjadi terlihat buncit.

Keadaan sakit juga dapat menyebabkan perut seseorang menjadi buncit yang melibatkan lapisan-lapisan tadi dan isinya. Seperti tumor, ascites (cairan berlebih dalam rongga perut), dan lainnya.
Secara normal Perut akan mengecil jika seseorang buang angin, buang air besar dan buang air kecil, mengurangi asupan makanan dari biasanya atau tidak makan/minum dalam jangka waktu yang cukup lama seperti saat berpuasa serta melakukan aktivitas yang berlebih dari biasanya seperti olahraga. Dan ini adalah cara yang baik yang perlu dirutinkan untuk dilakukan secara konsisten sampai perut mengecil sesuai keinginan atau sampai target lingkar perut normal pada dewasa yakni tidak lebih dari 90 cm bagi laki-laki dan tidak lebih dari 80 cm bagi perempuan.

Jika seseorang sakit yang menyebabkan perut nya buncit maka penyebab sakitnya perlu untuk ditangani terlebih dahulu sehingga perut buncit pun akan mengecil.
Mudah-mudahan dapat bermanfaat apa yang kami sampaikan.

✒ Dijawab oleh:
dr. Henri Perwira Negara

• Link Konsultasi Kesehatan:
https://cintasedekah.org/cinta-sehat/
https://cintasedekah.org/cinta-sehat/

_____
📲 YUK, JOIN WAG KESEHATAN CS PEDULI
▪️ Ikhwan: https://bit.ly/WAG_Ikhwan
▪️ Akhwat: https://bit.ly/WAG_Akhwat
⁣⁣_____
📱 Official Sosial Media Yayasan Cinta Sedekah⁣⁣
▪️ fb.com/CSPeduli⁣⁣
▪️ instagram.com/CSPeduli⁣⁣
▪️ youtube.com/c/CSPeduli⁣⁣
▪️ t.me/CSPeduli⁣⁣
▪️ twitter.com/CSPeduli⁣⁣
⁣⁣
📜 Layanan CS :⁣⁣
▪️ cintasedekah.org/kalkulator-zakat⁣⁣
▪️ bit.ly/jadwalkajianapp⁣⁣
▪️ cintasedekah.org/aplikasi-cinta-sehat⁣⁣
⁣⁣
🌏 https://cintasedekah.org/donasi