Project Description

PENANGANAN CACINGAN PADA ANAK.

PERTANYAAN :

Bagaimana penanganan cacing tambang pada anak usia 3 tahun pada bagian bokong (sekitar anus) ? obat apa saja yang tepat diberikan..

Saya mendapatkan informasi dari teman untuk mematikan larva yang berjalan di bawah kulit bisa dengan rutin disemprot Chlor Ethyl/ethyl chloride saya juga coba berikhtiar dengan memberikan sirup obat cacing combantrin, apakah langkah yang saya lakukan di atas sudah tepat?

Mohon pencerahannya..

JAWABAN :

Bismillah,

Cacingan sering terjadi pada anak – anak. Cacing dari anus bisa dipastikan dulu apakah memang benar dari kulit atau dari dalam saluran cerna. Untuk cacing dari kulit biasanya membentuk terowongan yang berkelok kelok dan semakin lama akan meluas. Bisa diberikan chloretyl spray. Bila cacing berasal dari saluran cerna tidak bisa diobat dengan spray, karena spray hanya menjangkau kulit. Combantrin boleh diberikan, bahkan bisa diberikan rutin tiap 6 bulan pada anak usia dibawah 5 tahun. Bila belum membaik sebaiknya periksa ke dokter untuk diperiksa feses apakah jenis cacing yang ada sehingga bisa diberikan obat-obatan lain insyaallah. Cacing dari saluran cerna berakibat cukup kompleks yaitu antara lain bisa menyebabkan anak anemia atau kurang darah atau bisa juga menyebabkan radang paru.

Semoga membantu.

Dijawab oleh :
dr. Marti Astuti, SpA, Msc.

Link Artikel : https://cintasehat.id/penanganan-cacingan-pada-anak-tanya-jawab-cinta-sehat/Penanganan Cacingan Pada Anak – Tanya Jawab Cinta Sehat – CintaSehat