🖇 HIPOSPADIA TYPE SCROTAL

PERTANYAAN (HIPOSPADIA TYPE SCROTAL):

Assalamualaikum. Anak saya menderita hipospadia type scrotal, saat ini usia anak saya 5 tahun.

Yang saya tanyakan, adakah cara lain untuk menyembuhkannya penyakit tersebut selain dengan operasi? Terima kasih, wasalamualaikum

JAWABAN (HIPOSPADIA TYPE SCROTAL):

Wa’alaikumussalam warahmatullahwabarakatuh.

Syafakallah untuk anak ibu yang menderita kelainan alat kelaminnya. Ibu sudah menyampaikan hipospadia sampai tipenya yaitu skrotal berarti saya ataupun orang kalangan medis sudah menilai ibu sudah tahu , mungkin insya Allah sudah lebih banyak tahu . Apalagi saat ini eranya informasi sudah bisa gampang diakses.

Informasi hipospadia bahkan langsung yang spesifiknya tipe skrotal tentu jawaban penanganannya adalah operasi, bila diambil dari situs yang benar.

Sebenarnya kalau tipe hipospadia yang ringan misal tipe glanular, memang ada tempat hanya observasi saja. Tapi, kalau sudah tipe skrotal, jawaban tindakannya yaahh operasi. Kenapa ??

Hipospadia dioperasi utk mencegah komplikasi dari kelainan ini. Secara garis besar:

1. Gangguan psikologisnya. Operasi ada gunanya bila dioperasi belum umur yg mengenal jenis kelaminnya. Dalam agama juga penting untuk menunjukkan identitas bahwa dia laki laki. Kalau tidak di operasi si anak juga bingung. Apa benar saya laki laki. bahkan kasus yang pernah saya jumpai waktu saya sekolah di rscm jakarta si anak dijadikan perempuan sampai berumur 20 tahunan.

Si anak ini menyampaikan “saya perempuan, tapi kok saya senang sama perempuan, sukanya main bola, tidak pernah haid” pertama kali si anak ini berobat diklinik urologinya yang terima ya saya. Dan kakak diatasnya juga mengalami hal yang sama. Kasus ini dibahas dalam tim dengan dr anak, ustadz juga.

Disampaikan kepada pasien ini bahwa mereka dari pemeriksaan sebenarnya laki laki. Keputusan tentu dipihak pasien. Setelah operasi, alhamdulillah mereka bahagia karena memang tubuh mereka itu laki laki.

Medis juga tidak sembarangan seperti gampangan mau merubah jenis kelamin orang. Sekarang ini tergantung pihak pasien, kami dari medis hanya menyampaikan dan apa usaha yang bisa ditempuh. Hal ini didasarkan penelitian penelitian sehingga menghasilkan ilmunya.

2. Komplikasi tidak punya anak karena sperma yang keluar tidak masuk ke pasangannya, yang lainnya tidak bisa berhubungan dengan pasangannya karena burungnya juga mengalami kebengkokan, segi kosmetik.

Masalah ini banyak mungkin yang mau ana sampaikan. Tapi yang pasti bukan operasi yang menyembuhkan anak ibu. Tapi, terkabulnya doa ibu untuk anak ibu itu yang pasti menyembuhkan kelainannya.

Saya sarankan, sebelum ambil keputusan seharusnya ini bawa shalat istikharah dan banyak banyaklah berdoa. saya merasakan masalah ibu bukan hal yang gampang untuk ke depannya. Ada subspesialis di urologi yaitu pediatric and reconstruction urologist. Saya merekommended sebaiknya kasus tipe skrotal ke yang paling ahli karena komplikasi operasinya juga tidak nyaman untuk kedepannya. Yang saya tahu untuk ini sebaiknya ke guru saya di rscm dr Arry Rodjani atau dr irfan wahyudi. Mungkin yg mendalami hipospadia banyak ahlinya. Tapi yang saya tahu hasilnya bagus ke beliau ini.

Hanya ini yang bisa saya sampaikan sebagai orang masih banyak kekurangan. Afwan, tulisan ini saya belum sempat edit dan hanya saya tulis saja begitu. Dan afwan sekali lagi atas keterlambatan membalasnya. Semoga Allah Ta’ala memberi ibu kesabaran dan jalan keluar atas masalah ini yang terbaik utk semuanya. Dalam islam , segala perkara baik bagi kita. Senang kita syukuri.susah kita sabar semoga ini menuju surga bagi keluarga ibu.

✒ Dijawab oleh:
dr. M. Omar Rusydi.Sp.u

Referensi :
1 dasar dasar urologi. Basuki b purnomo

➖➖➖➖➖➖➖

Join WAG KESEHATAN CS_PEDULI :
– Ikhwan : http://bit.ly/WAG_Ikhwan
– Akhwat : http://bit.ly/WAG_Akhwat

📱 Official Sosial Media Yayasan Cinta Sedekah

fb.com/CSPeduli
instagram.com/CSPeduli
youtube.com/c/CSPeduli
t.me/CSPeduli
twitter.com/CSPeduli

📜 Layanan CS :

cintasedekah.org/kalkulator-zakat
bit.ly/jadwalkajianapp
cintasedekah.org/cinta-sehat/

🌏 https://cintasedekah.org/donasi

🖇 SALURKAN DONASI TERBAIK ANDA MELALUI REKENING BERIKUT.

| Bank Syariah Mandiri (BSM)
| Kode Bank: 451

1⃣ INFAQ
| No. Rekening: 7814 5000 17
| Atas Nama: Cinta Sedekah (INFAQ)

2⃣ SOSIAL
| No. Rekening: 7814 5000 41
| Atas Nama: Cinta Sedekah (SOSIAL)

3⃣ WAKAF
| No. Rekening: 7814 5000 33
| Atas Nama: Cinta Sedekah (WAKAF)

4⃣ ZAKAT MAAL
| No. Rekening: 7814 5000 25
| Atas Nama: Cinta Sedekah (ZAKAT)

5⃣ PROGRAM DA’I
| No. Rekening : 7814 5000 84
| Atas Nama: Cinta Sedekah (DA’I)

6⃣ AL-QUR’AN
| No. Rekening: 7814 5000 57
| Atas Nama: Cinta Sedekah (Al-Qur’an)

7⃣ ARMALA/JANDA
| No. Rekening: 7814 5000 76
| Atas Nama: Cinta Sedekah (ARMALA)
_
📱 Bagi para donatur, mohon konfirmasi dengan klik https://cintasedekah.org/donasi/

📱 Bisa juga melalui WhatsApp dengan klik https://wa.me/6282123458145 atau https://wa.me/628125000170

Kami ucapkan terima kasih dan Jazakumullahu khairan kepada para donatur yang telah ta’awun dalam kebaikan bersama kami. Barakallahu fiikum