بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ 

Alhamdulillah, atas izin Allâh Ta’ala Yayasan Cinta Sedekah sejak tahun 2015 hingga saat ini dapat memberikan kontribusi dakwah islam di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Melalui kumpulan Ebook Pdf CS Peduli Dakwah ini, semoga dapat bermanfaat untuk khalayak kaum muslimin sehingga dapat menambah wawasan keIslaman serta dapat memahami islam sesuai pemahaman salafush shalih.

Kami ucapkan jazakumullah khairan kepada seluruh pihak yang telah mendukung Yayasan Cinta Sedekah sehingga dapat merealisasikan program-program sosial dan dakwah islam hingga hari ini. Semoga menjadi pahala kebaikan di akhirat kelak.

Barakallahu fikum
Yayasan Cinta Sedekah

Pengantar Dari Penerjemah

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

PENDAHULUAN

Manhaj adalah jalan beragama seorang. Apabila manhajnya rusak maka hal itu akan merusak agamanya. Oleh sebab itu memahami manhaj yang benar dalam beragama sangat penting.

Berikut ini kami sajikan sebuah e-book kumpulan faidah ringkas seputar manhaj, semoga bisa menjadi sarana bagi kita untuk mengenal Islam dan meningkatkan keimanan.

Download E-book

Pengantar Dari Penerjemah

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

PENDAHULUAN

Menurut beberapa survei, jumlah penutur bahasa Jawa adalah yang terbesar kedua se-Nusantara setelah bahasa Indonesia. Artinya ia adalah bahasa daerah dengan jumlah penutur paling banyak di negeri kita ini.

Adapun di tingkat dunia jumlah penutur bahasa Jawa menduduki peringkat ke-11. dan lebih dari delapan puluh empat juta manusia menggunakan bahasa Jawa dalam kehidupan mereka sehari-hari. Tak hanya digunakan di Indonesia ia juga banyak digunakan di negara manca seperti Suriname, Kaledonia Baru, Malaysia, Singapura dan Belanda.

Disamping itu gerakan dakwah, pengajian, ta’lim di perkampungan dan desa-desa banyak sekali disampaikan dalam bahasa Jawa. bahkan tidak jarang sebagian warga utamanya kaum tua di pedesaan. justru kurang memahami konten dakwah saat disampaikan dengan bahasa selain bahasa yang mereka gunakan sehari-hari. Allah ta’ala berfirman:

“Kami tidak mengutus seorang rasulpun, melainkan dengan bahasa kaumnya, supaya ia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka…” (QS. Ibrahim, 4).

Berangkat dari ini semua, kami berusaha menerjemahkan salah satu kitab aqidah terbaik tulisan Syeikh Muhammad Jamil Zainu rahimahullahu ta’ala berjudul Khudz ‘Aqidataka Minal Kitabi Was Sunnah Ash Shahihah ke dalam bahasa Jawa.

Pilihan jatuh ke kitab ini karena pilihan bahasa yang sederhana, pembahasan yang jelas, mudah dipahami, ringkas namun tidak mengurangi keilmiyahan kitab ini karena dilengkapi dalil Al-Quran dan Al-Hadits.

Isi kitab ini juga merupakan bahasan yang teramat sangat penting, yang selayaknya diketahui oleh setiap muslim. yaitu tentang aqidah tauhid yang menjadi intisari ajaran agama Islam.

Terima kasih kami haturkan kepada guru kami yang mulia. Al Ustadz Sa’id Syamsul Huda hafidzahullahu ta’ala yang telah berkenan memberikan kata pengantar di tengah kesibukan beliau berdakwah serta mengurus pesantren Al-I’tisham Gunung Kidul.

Terima kasih pula kami sampaikan kepada semua pihak yang telah turut serta membantu membidani lahirnya kitab sederhana ini. Besar harapan kami semoga Tauhid semakin membumi di Nusantara. Teriring doa tulus semoga Allah memberikan keikhlasan kepada semua pihak dalam ucapan dan perbuatan, wa jazakumullahu khairan.

Abul Aswad Al Bayaty

Download E-book

Pengantar Dari Penerjemah

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

PENDAHULUAN

Buku sederhana ini merupakan rangkaian dari hadits-hadits yang terdapat di dalam Kitabul Jami’ yang merupakan bagian dari kitab yang melegenda berjudul “Bulughul Maram Min Adillatil Ahkam” karangan Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani -semoga Allah senantiasa merahmati beliau-. Dibagian akhir dari kitab ini, beliau meletakkan beberapa hadits yang beliau rangkum di bawah Kitabul Jami’. Kitabul Jami’ ini memuat beberapa bab, dan setiap bab-nya memuat beberapa hadits.

Kami menukil hadits-hadits ini sesuai dengan urutan aslinya dan kami menyertakan sumber periwayatan dari hadits-hadits tersebut. Jika hadits tersebut diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim atau salah satu dari keduanya, maka kami mencukupkan diri mencantumkan penomoran hadits dari Shahih Bukhari dan Shahih Muslim atau salah satu dari keduanya, mengingat tingginya tingkat orisinalitas dari kedua kitab shahih ini, dan besarnya kepercayaan para ulama dan kaum muslimin terhadap kedua kitab shahih ini. Dan jika hadits tersebut diriwayatkan oleh selain kedua Imam tersebut diatas maka kami mencantumkan status derajat hadits tersebut berdasarkan keterangan yang dituliskan oleh para ulama ahli hadits terutama pakar hadits abad ini Al-Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani -semoga Allah senantiasa merahmati beliau-.

Kami juga mencantumkan beberapa poin pelajaran yang bisa diambil dan kesimpulan hukum pada setiap hadits yang ada sesuai dengan kemudahan yang Allah anugerahkan kepada kami. Poin dan kesimpulan ini kami sarikan dari beberapa kitab yang mensyarah/menjelaskan kandungan dari kitab Bulughul Maram yang ditulis oleh para ulama’ Islam -semoga Allah senantiasa merahmati mereka-. Semoga bermanfaat, Wallahu ta’ala a’lam bish showab.

Abul Aswad Al Bayaty

Download E-book

Pengantar Dari Penerjemah

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Segala puji bagi Allah Dzat yang memperkenankan hidayah bagi siapa saja yang bersungguh-sungguh mencarinya. Yang memperkenankan doa apabila ia bermunajat kepada-Nya, menolong orang yang bersedih apabila dia menyeru-Nya, yang menghilangkan segala macam keburukan, tidaklah hati akan hidup kecuali dengan mengingat-Nya, tidaklah sesuatu akan terjadi kecuali atas izin-Nya, tidaklah terbebas dari yang dibenci kecuali atas rahmat-Nya, tidaklah sesuatu terjaga kecuali atas kasih sayang-Nya, tidaklah beban hidup terurai kecuali dengan bertaqwa kepada-Nya, tidaklah suatu mimpi menjadi nyata kecuali atas kemudahan dari-Nya, dan kebahagiaan tidak akan diraih kecuali dengan mentaati-Nya.

Download E-book

Pengantar Dari Penerjemah

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah Dzat yang memperkenankan hidayah bagi siapa saja yang bersungguh-sungguh dalam mencarinya. Yang memperkenankan doa apabila ia bermunajat kepada-Nya, menolong orang yang bersedih apabila dia menyeru-Nya, yang menghilangkan seluruh macam keburukan, tidaklah hati akan hidup kecuali dengan mengingat-Nya, tidaklah sesuatu akan terjadi kecuali atas izin-Nya, tidaklah terbebas dari yang dibenci kecuali atas rahmat-Nya, tidaklah sesuatu terjaga kecuali atas kasih sayang-Nya, tidaklah beban hidup terurai kecuali dengan bertaqwa kepada-Nya, tidaklah suatu mimpi menjadi nyata kecuali atas kemudahan dari-Nya, dan kebahagiaan tidak akan diraih kecuali dengan mentaati-Nya.

Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Allah lah yang mampu memelihara langit dan bumi. Aku bersaksi bahwa Muhammad bin Abdullah adalah hamba dan utusan Allah k. Tidak ada nabi / rasul setelahnya, beliau diutus dengankabar gembira sekaligus peringatan, membawa kitab yang terang, shalawat beserta salam senantiasa tersanjungkan atasnya, keluarga dan seluruh sahabatnya. Amma ba’du.

Inilah kitab pendidikan aqidah untuk anak yang alhamdulillah telah berhasil disusun oleh tim Yayasan Cinta Sedekah dengan bersumber kepada Al Quran, dan Sunnah, yang dipahami dengan pemahaman para salafush shalih.

Download E-book

Pengantar Dari Penerjemah

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Kitab ringkas ini adalah karya dari Syaikh DR. Abdul Aziz bin Rayyis Ar-Rayyis -semoga Allah senantiasa menjaga beliau-. Berisi tujuh kaidah yang selayaknya diperhatikan di dalam mempelajari ilmu fiqih. Dan juga berisi arahan agar kita bersikap pertengahan di dalam study kita terhadap ilmu fiqih.

Kitab ini asalnya merupakan ceramah berisi penjelasan beliau terhadap kitab Al-Iqlid karya Syaikh Muhammad Al-Amin Asy-Syanqiti rahimahullah. Bermula dari keprihatinan Syaikh akan kemunculan gerakan yang mengajak kepada fanatisme madzhab di satu sisi. Dan di sisi yang lain muncul gerakan pula yang mengajak kepada aktifitas ijtihad yang serampangan. Maka dari itu beliau memutuskan untuk memberikan penjelasan terhadap kitab Al-Iqlid tersebut. Dan kitab yang ada di hadapan kita saat ini adalah bagian muqadimahnya saja yang beliau susun untuk memudahkan dalam mempelajari kitab Al-Iqlid.

Karena kami melihat kemunculan dua gerakan tersebut sedikit banyak juga dijumpai keberadaannya di negri kita. Maka kami berinisiatif menerjemahkan risalah ringkas ini agar memberi manfaat khususnya bagi kami dan juga saudara-saudara kami yang lain para penuntut ilmu utamanya ilmu fiqih.

Sekian saja, tak lupa kami mengucapkan jazakumullahu khairan terhadap semua pihak yang turut serta membidani lahirnya terjemahan sederhana ini. Semoga bermanfaat dan semoga kita semua diberikan keikhlasan di dalam ucapan dan perbuatan.

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

Omah Suruh, 23 Syawal 1441 H/ 15 Juni 2020 M

Abul Aswad Al-Bayaty

Download E-book

Segala puji bagi Allah, kami memuji-Nya dan meminta ampun kepada-Nya, dan kami berlindung dari kejelekan diri kami dan keburukan amalan kami. Barangsiapa diberi petunjuk oleh Allah maka tidak ada yang dapat menyesatkannya, dan siapa yang dibiarkan sesat, maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk.

Buku ini ditulis dalam rangka menghimpun penjelasan para ulama dalam menjabarkan petunjuk beliau -shallallahu ‘alaihi wasallam- sebagai bentuk bimbingan bagi kaum muslimin di masa sekarang.

Maka penjelasan ulama yang dikutip di buku ini lebih banyak berasal dari ulama kontemporer seperti Syaikh Al Albani, Syaikh Ibnu Utsaimin, Syaikh Ibn Baz, Syaikh Shalih Al Fauzan, dan lain-lain. Dengan itu diharapkan penjelasan akan lebih mengena karena mereka hidup di zaman yang sama dengan kita.

Apa yang akan ditulis dalam pembahasan ini mencakup beberapa bagian utama:

Bagian Pertama: Kaidah Penerimaan Berita

Bagian ini ditulis untuk menanggapi fenomena sebagian orang yang bermudah-mudah dalam menerima dan menyebarkan berita, serta membicarakan berita-berita tentang kebijakan pemerintah.

Bagian Kedua: Amar Ma’ruf Nahi Munkar kepada Penguasa

Bagian ini dimaksudkan untuk mereka yang mengomentari segala sesuatu di dunia maya dengan dalih amar ma’ruf dan nahi munkar.

Bagian Ketiga: Kaidah Maslahat-Mafsadat

Bagian ini ditulis untuk mereka yang hanya mengejar satu tujuan berupa kemaslahatan namun tidak mempertimbangkan mafsadat atau kerusakan yang ditimbulkannya.

Bagian Keempat: Mengenai Murji’ah

Bagian ini untuk membantah mereka yang bermudah-mudah menjuluki saudaranya dengan sebutan Murji’ah karena mengingatkan mereka tentang aqidah ketaatan kepada penguasa.

Hanya kepada Allah kami memohon agar Dia menjadikan amal kami murni mengharap wajah-Nya Yang Mulia, dan bermanfaat bagi kaum muslimin, serta menjadi tabungan untuk hari akhir.

Yogyakarta, 25 Ramadhan 1441 H

Abul Fatih Ristiyan

Download E-book

Puji syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta’ala, yang hanya karena berkat dan dengan rahmat-Nya penulis meski tertatih berhasil menyelesaikan penulisan buku dengan judul:

Metode Ahlissunnah Dalam Bermuamalah Dengan Penguasa (Ringkasan kitab Muamalatul Hukkam).

Kitab ini adalah tulisan dari salah seorang ulama ahlissunnah terkemuka di era ini. Asy-Syaikh Abdussalam Barjas rahimahullahu ta’ala. Berisi nukilan Al-Qur’an dan As-Sunnah serta perkataan para ulama’ salaf. Yang akan memberikan secercah cahaya kepada kita agar kita bisa meniti indahnya sunnah Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam didalam berilmu, beraqidah, beramal, berdakwah dan beragama. Serta meneladani cara bersikap para ulama’ salaf di dalam bermuamalah terhadap penguasa kaum muslimin.

Kitab ini sangat sarat faidah manhajiyah yang amat kita butuhkan. Dimana pada zaman ini banyak sekali kalangan yang mengklaim sebagai pengikut sunnah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. Akan tetapi pada tataran praktek mereka belum sepenuhnya menerapkan sunnah dalam sikap dan cara beragama mereka. Terutama yang berkaitan dengan seni bermuamalah dengan penguasa kaum muslimin.

Atas taufik dan anugrah dari Allah, penulis pernah mengkaji kitab ini bersama beberapa kalangan. Sehingga penulis membuat
ringkasan kitab ini pada setiap pertemuan hingga selesai. Penulis juga mencantumkan beberapa pertanyaan yang diajukan berkaitan dengan tema kajian berikut dengan jawabannya sesuai dengan sedikit kadar keilmuan yang penulis ketahui.

Tak lupa nasehat, kritikan membangun serta koreksi ilmiyyah kami nantikan dari para pembaca yang budiman. Karena tak ada gading yang tak retak, tak ada manusia yang selamat dari aib dan kekurangan.

Semoga Allah ta’ala menjadikan upaya yang sedikit ini menjadi sesuatu yang ikhlas karena mengharap ridha dan wajah Allah semata. Serta membawa manfaat bagi Islam dan kaum muslimin. Aamiin.

Klaten Hadiningrat, 02 Ramadhan 1441H
abulaswad

Download E-book
DI RUMAH SAJA USTADZ YAZID BIN ABDUL QADIR JAWAS HAFIZHAHULLAH

Diantara nikmat yang besar adalah nikmat islam, nikmat iman, nikmat sunnah, nikmat sehat wal ‘afiat, nikmat diberikan ilmu yang bermanfaat, diberikan taufiq oleh Allah untuk membaca al-Qur’an, hadits, buku-buku yang bermanfaat dan tulisan-tulisan yang bermanfaat yang dapat menambah ilmu, iman, dan amal sholeh.

Mudah-mudahan yang saya tulis ini termasuk ilmu yang bermanfaat, yang kita selalu mohon kepada Allah setiap pagi agar diberikan ilmu yang bermanfaat.

Sekarang ini himbauan Pemerintah dan pihak-pihak yang terkait menghimbau kita untuk “DI RUMAH SAJA”. Karena itu sejak awal Maret 2020, sejak tersebarnya wabah virus corona (Covid-19) di Indonesia, semua sekolah, kampus, dan pondok-pondok diliburkan. Begitu pula yang kerja dikantor-kantor dan lainnya juga dianjurkan untuk kerja dirumah.

Himbauan ini baik, dan kita bersyukur kepada Allah dengan adanya himbauan ini. Himbauan pemerintah ini dalam rangka menarik maslahat dan menolak bahaya. Upaya pemerintah supaya memperkecil dan mempersempit penyebaran wabah virus corona di seluruh daerah dan kota di Indonesia.
Himbauan “DI RUMAH SAJA”, Alhamdulillah sudah berjalan hampir di seluruh Indonesia. Nah, sekarang bagaimana sikap kita dengan himbauan ini dan bagaimana sikap kita sebagai seorang Muslim bermuamalah dengan himbauan ini?

Download E-book
ENAM PILAR BUKTI BUTUHNYA HAMBA KEPADA ALLAH DI MASA-MASA SULIT NASIHAT SEPUTAR WABAH CORONA SYAIKH SHOLEH BIN ABDULLLAH AL-USHOIMIY

Segala puji bagi Allah yang Maha melakukan apa yang Dia kehendaki dan Maha memutuskan apa yang Dia inginkan. Aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang hak kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya, sebagai persaksian tauhid. Aku pun bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah atas beliau, keluarga dan para sahabatnya, dengan sholawat yang sempurna lagi kekal hingga hari kiamat. Amma ba’du:

Kaum Mukminin, sesungguhnya butuhnya hamba kepada Allah subhanahu wa ta’ala merupakan hal penting yang harus ia miliki. Allah ta’ala berfirman:

ِ“Wahai sekalian manusia, kalianlah yang memerlukan Allah, dan Allah Dia-lah yang Maha kaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi
Maha terpuji.” (QS. Fathir: 15)

Pentingnya hal tersebut lebih ditekankan lagi pada masa-masa sulit dan ketika adanya hajat di tengah umumnya manusia. Sebab manusia itu, apabila tertimpa kesulitan dan kesempitan, mereka sangat butuh kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Dan butuhnya hamba kepada Allah di dalam Syariat Islam terbukti jelas pada enam pilar agung berikut:

Download E-book
FIQIH RAMADHAN MENITI HARI DI BULAN YANG DIBERKAHI USTADZ ABUL ASWAD AL BAYATY HAFIZHAHULLAH

Ibadah tanpa ilmu bisa lebih banyak merusak dibandingkan memperbaiki? Ya, sebagaimana yang dikatakan Umar bin Abdil Aziz rahimahullah bisa berimbas seperti itu. Oleh karena itu, hendaknya kita mempelajari ilmu tentang Agama dari yang paling pokok dan dasar seperti rukun iman dan rukun islam.

Ibadah Puasa termasuk di dalam rukun islam, sudah sepantasnya kita mempelajari Ilmu-ilmu dasar yang ada di Bab Puasa (seputar Fiqih Ramadhan).

Meniti Hari Di Bulan Yang Diberkahi karya Ustadz Abul Aswad ( Dwi Jarwanto ) hafizhahullah (Alumni MEDIU & Dewan Konsultasi Bimbingan Islam) dengan mengerjakan Soal Fiqih Ramadhan berikut ini:

Download E-book

SALURKAN DONASI ANDA KE:

INFAQ

norek-infak-cintasedekah-noshadow

ZAKAT

WAKAF

norek-wakaf-cintasedekah-noshadow

SOSIAL

norek-sosial-cintasedekah-noshadow

DAKWAH

AL-QUR’AN

ARMALA/JANDA

QURBAN

Konfirmasi Donasi