โ–ช๏ธ Ahad, 28 Syaโ€™ban 1442 H | 11 April 2021 M
๐Ÿ‘ค Ustadz Abul Aswad Al Bayaty hafizhahullah
๐Ÿ“— Tematik | Pembahasan Buku Fiqih Ramadhan – Meniti Hari Di Bulan Suci
๐Ÿ”Š Sesi Ke-21 | Bab 20 – Shalat Tarawih



Shalat tarawih ialah shalat malam yang dikerjakan di malam-malam bulan Ramadhan. Ia dinamakan tarawih/istirahat karena pelaksanaanya di selingi waktu untuk beristirahat sejanak sebagaimana dikatakan oleh para ulama. Ia disyariatkan untuk dilaksanakan secara berjamaah di masjid.

Karena khawatir disangka sebagai kewajiban, maka Rasulullah shalallahu โ€˜alaihi wa sallam memberhentikan sementara shalat tarawih berjamaah di masjid. Ketika beliau sudah wafat, maka kekhawatiran ini sudah tidak ada lagi. Sehingga Umar bin Khaththab radhiyallahu โ€˜anhu menghidupkan kembali shalat tarawih berjamaah di masjid sebagaimana tersebut dalam riwayat sebagai berikut,

ุนูŽู†ู’ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽู†ู ุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู’ู‚ูŽุงุฑููŠู‘ู ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฎูŽุฑูŽุฌู’ุชู ู…ูŽุนูŽ ุนูู…ูŽุฑูŽ ุจู’ู†ู ุงู„ู’ุฎูŽุทู‘ูŽุงุจู ูููŠ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ููŽุฅูุฐูŽุง ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ุฃูŽูˆู’ุฒูŽุงุนูŒ ู…ูุชูŽููŽุฑู‘ูู‚ููˆู†ูŽ ูŠูุตูŽู„ู‘ููŠ ุงู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ู ู„ูู†ูŽูู’ุณูู‡ู ูˆูŽูŠูุตูŽู„ู‘ููŠ ุงู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ู ููŽูŠูุตูŽู„ู‘ููŠ ุจูุตูŽู„ูŽุงุชูู‡ู ุงู„ุฑู‘ูŽู‡ู’ุทู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุนูู…ูŽุฑู ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฅูู†ู‘ููŠ ู„ูŽุฃูŽุฑูŽุงู†ููŠ ู„ูŽูˆู’ ุฌูŽู…ูŽุนู’ุชู ู‡ูŽุคูู„ูŽุงุกู ุนูŽู„ูŽู‰ ู‚ูŽุงุฑูุฆู ูˆูŽุงุญูุฏู ู„ูŽูƒูŽุงู†ูŽ ุฃูŽู…ู’ุซูŽู„ูŽ ููŽุฌูŽู…ูŽุนูŽู‡ูู…ู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูุจูŽูŠู‘ู ุจู’ู†ู ูƒูŽุนู’ุจู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุซูู…ู‘ูŽ ุฎูŽุฑูŽุฌู’ุชู ู…ูŽุนูŽู‡ู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู‹ ุฃูุฎู’ุฑูŽู‰ ูˆูŽุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ูŠูุตูŽู„ู‘ููˆู†ูŽ ุจูุตูŽู„ูŽุงุฉู ู‚ูŽุงุฑูุฆูู‡ูู…ู’ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุนูู…ูŽุฑู ู†ูุนู’ู…ูŽุชู ุงู„ู’ุจูุฏู’ุนูŽุฉู ู‡ูŽุฐูู‡ู ูˆูŽุงู„ู‘ูŽุชููŠ ุชูŽู†ูŽุงู…ููˆู†ูŽ ุนูŽู†ู’ู‡ูŽุง ุฃูŽูู’ุถูŽู„ู ู…ูู†ู’ ุงู„ู‘ูŽุชููŠ ุชูŽู‚ููˆู…ููˆู†ูŽ ูŠูŽุนู’ู†ููŠ ุขุฎูุฑูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽูŠู’ู„ู ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ูŠูŽู‚ููˆู…ููˆู†ูŽ ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ูŽู‡ู

โ€œDari Abdurrahman bin Abdul Qari ia berkata ; aku keluar bersama Umar bin Khaththab radhiyallahu โ€˜anhu di bulan ramadhan menuju masjid. Manusia kala itu berpencar-pencar, ada lelaki shalat sendirian, ada lagi lelaki shalat lalu shalat dibelakangnya beberapa kelompok. Umar lantas berkata ; ‘Aku berpendapat kalau mereka dikumpulkan dalam satu imam, niscaya akan lebih baik’.

Kemudian beliau mengumpulkan mereka dalam satu jama’ah dengan imam Ubay bin Ka’ab, setelah itu aku keluar bersama imam mereka, Umarpun berkata,’Sebaik-baik bid’ah adalah ini, orang yang tidur lebih baik dari yang bangun, ketika itu manusia shalat di awal malamโ€. [ (HR Bukhari : 4/218).]

Kaum muslimin berbeda pendapat tentang batasan jumlah raka’at shalat tarawih. Pendapat yang paling mencocoki sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam adalah delapan raka’at tanpa witir atau 11 rakaat dengan tiga rakaโ€™at witir berdasarkan hadits ‘Aisyah Radhiyallahu ‘anha:

ู…ูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู โ€“ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… โ€“ ูŠูŽุฒููŠุฏู ููู‰ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ูˆูŽู„ุงูŽ ููู‰ ุบูŽูŠู’ุฑูู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฅูุญู’ุฏูŽู‰ ุนูŽุดู’ุฑูŽุฉูŽ ุฑูŽูƒู’ุนูŽุฉู‹

โ€œRasulullah shalallahu โ€˜alaihi wa sallam tidak pernah menambah jumlah rakaโ€™at pada shalat malam di bulan Ramadhan dan tidak pula dalam shalat lainnya lebih dari 11 rakaโ€™at.โ€ [ (HR. Bukhari : 1147ูˆ Muslim : 738).]

Adapun riwayat Umar bin Khathab radhiyallahu anhu yang memerintahkan shalat tarawih lebih dari 11 rakaat adalah riwayat-riwayat yang tidak lepas dari kritikan. Dan justru Umar radhiyallahu โ€˜anhu pun dalam riwayat yang shahih ketika menghidupkan kembali sunnahnya shalat tarawih berjamaah, beliau memerintahkan agar salat tarawih dikerjakan dengan 11 rakaโ€™at, jumlah yang paling cocok dengan sunnah yang shahih.

Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Malik dengan sanad yang shahih dari jalan Muhammad bin Yusuf dari Saib bin Yazid, ia berkata :

ุฃูŽู…ูŽุฑูŽ ุนูู…ูŽุฑู ุจู’ู†ู ุงู„ู’ุฎูŽุทูŽู‘ุงุจู ุฃูุจูŽูŠูŽู‘ ุจู’ู†ูŽ ูƒูŽุนู’ุจู ูˆูŽุชูŽู…ููŠู…ู‹ุง ุงู„ุฏูŽู‘ุงุฑููŠูŽู‘ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽู‚ููˆู…ูŽุง ู„ูู„ู†ูŽู‘ุงุณู ุจูุฅูุญู’ุฏูŽู‰ ุนูŽุดู’ุฑูŽุฉูŽ ุฑูŽูƒู’ุนูŽุฉู‹ ู‚ูŽุงู„ูŽ ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู’ู‚ูŽุงุฑูุฆู ูŠูŽู‚ู’ุฑูŽุฃู ุจูุงู„ู’ู…ูุฆููŠู†ูŽ ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ูƒูู†ูŽู‘ุง ู†ูŽุนู’ุชูŽู…ูุฏู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุนูุตููŠูู‘ ู…ูู†ู’ ุทููˆู„ู ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ู ูˆูŽู…ูŽุง ูƒูู†ูŽู‘ุง ู†ูŽู†ู’ุตูŽุฑููู ุฅูู„ูŽู‘ุง ูููŠ ููุฑููˆุนู ุงู„ู’ููŽุฌู’ุฑู

โ€˜Umar bin Khaththab pernah memerintahkan Ubay bin Ka’ab dan Tamim Ad-Dari radhiyallahu โ€˜anhum mengimami orang-orang (shalat tarawih) dengan sebelas rakaat.

As-Saaib berkata : โ€˜Imam membaca dua ratusan ayat, hingga kami bersandar di atas tongkat karena sangat lamanya berdiri. Dan kami tidak keluar melainkan di ambang fajarโ€™. ” [ (HR Malik dalam Al Muwathaโ€™ : 1/478 no. 271, dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shalat Tarawih : 45 dishahihkan pula oleh Al-Mubarakfuri dalam Tuhfatul Ahwadzi Syarah Jamiโ€™ Tirmidzi : 3/528).]

Imam Al-Ajurri berkata :

ู…ู† ุฃุตุญุงุจู†ุง ุนู† ู…ุงู„ูƒ ุฃู†ู‡ ู‚ุงู„ : ุงู„ุฐูŠ ุฌู…ุน ุนู„ูŠู‡ ุงู„ู†ุงุณ ุนู…ุฑ ุจู† ุงู„ุฎุทุงุจ ุฃุญุจ ุฅู„ูŠ ูˆู‡ูˆ ุฅุญุฏู‰ ุนุดุฑุฉ ุฑูƒุนุฉ ูˆู‡ูŠ ุตู„ุงุฉ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู….

โ€œDari shahabat kami, dari Malik, ia berkata : โ€œShalat tarawih yang mana Umar mengumpulkan manusia di atasnya lebih aku senangi, yaitu sebanyak sebelas rakaโ€™at. Ia adalah shalat yang pernah dilakukan Rasulullah shallallaahu โ€˜alaihi wa sallamโ€. [ (Lihat Al-Mashabih Fi Shalatit Tarawih Oleh As-Suyuthi : 32).]

Namun demikian seperti yang sudah-sudah kita tetap mengatakan bahwa masalah ini ialah masalah khilafiyyah ijtihadiyah yang kita diperbolehkan untuk berbeda di dalamnya. Tidak boleh saling mencaci, menyesatkan dan lain-lain. Imam Ibnu Utsaimin berkata :

ูˆูŠุคุณูู†ุง ูƒุซูŠุฑุงู‹ ุฃู† ู†ุฌุฏ ููŠ ุงู„ุฃู…ุฉ ุงู„ุฅุณู„ุงู…ูŠุฉ ุงู„ู…ุชูุชุญุฉ ูุฆุฉ ุชุฎุชู„ู ููŠ ุฃู…ูˆุฑ ูŠุณูˆุบ ููŠู‡ุง ุงู„ุฎู„ุงู ุŒ ูุชุฌุนู„ ุงู„ุฎู„ุงู ููŠู‡ุง ุณุจุจุงู‹ ู„ุงุฎุชู„ุงู ุงู„ู‚ู„ูˆุจ ุŒ ูุงู„ุฎู„ุงู ููŠ ุงู„ุฃู…ุฉ ู…ูˆุฌูˆุฏ ููŠ ุนู‡ุฏ ุงู„ุตุญุงุจุฉ ุŒ ูˆู…ุน ุฐู„ูƒ ุจู‚ูŠุช ู‚ู„ูˆุจู‡ู… ู…ุชูู‚ุฉ. ูุงู„ูˆุงุฌุจ ุนู„ู‰ ุงู„ุดุจุงุจ ุฎุงุตุฉ ุŒ ูˆุนู„ู‰ ูƒู„ ุงู„ู…ู„ุชุฒู…ูŠู† ุฃู† ูŠูƒูˆู†ูˆุง ูŠุฏุงู‹ ูˆุงุญุฏุฉู‹ ูˆู…ุธู‡ุฑุงู‹ ูˆุงุญุฏุงู‹ ุ› ู„ุฃู† ู„ู‡ู… ุฃุนุฏุงุกู‹ ูŠุชุฑุจุตูˆู† ุจู‡ู… ุงู„ุฏูˆุงุฆุฑ.

โ€œSangat kita sayangkan kita mendapati di dalam tubuh umat Islam keberadaan beberapa kelompok yang berpecah belah di dalam masalah yang kita diperbolehkan untuk berbeda di dalamnya. Hingga mereka menjadikan perbedaan ini sebagai sebab berpecahnya hati. Sesungguhnya perbedaan di tubuh umat sudah ada sejak zaman para sahabat radhiyallahu โ€˜anhum.

Namun demikian hati-hati mereka tetap bersatu. Maka menjadi kewajiban pemuda umat ini secara khusus dan bagi setiap orang yang punya semangat mengamalkan ajaran agama untuk bersatu padu menampakkan perpaduan karena mereka menghadapi musuh-musuh yang senantiasa mencari kelengahanโ€.[ (Asy-Syarhul Mumtiโ€™ : 4/225).]

Wallahu aโ€™lam

____

Salurkan Donasi Terbaik Anda ke:

| Bank Syariah Mandiri (BSM)
| Kode Bank: 451
| No. Rekening: 7814 5000 84
| Atas Nama: Cinta Sedekah (PROGRAM DAI)

๐Ÿ“ฑ Official Sosial Media Yayasan Cinta Sedekah
โ–ช fb.com/CSPeduli
โ–ช instagram.com/CSPeduli
โ–ช youtube.com/c/CSPeduli
โ–ช t.me/CSPeduli
โ–ช twitter.com/CSPeduli

๐Ÿ“œ Layanan CS :
โ–ช cintasedekah.org/kalkulator-zakat
โ–ช bit.ly/jadwalkajianapp
โ–ช cintasedekah.org/aplikasi-cinta-sehat
๐ŸŒ https://cintasedekah.org/donasi